Sebagai partner terpercaya dan profesional dalam penyediaan jasa Konsultan di bidang Manajemen Fasilitas Pelayanan Kesehata, Rekam Medis dan Informasi Kesehatan serta Asuransi Kesehatan baik untuk Mitra Pelatihan, Pendampingan / Bimbingan Teknis maupun Penelitian. Kami mempunya beberapa jenis kegiatan yang sudah kami sesuaikan dengan situasi Pandemi Covid-19. Untuk kegiatan yang mengharuskan adanya tatap muka atau kunjungan langsung kami menerapkan Protokol kesehatan secara ketat, sementara kegiatan yang bisa dilaksanakan secara Daring kami memanfaatkan Teknologi Informasi yang sekaligus menjawab tantangan kesiapan kita dalam menghadapi era Industri 4.0
MANAJEMEN CASEMIX
Dalam Permenkes no 76 th 2016 disebutkan bahwa Pembiayaan kesehatan di era JKN dilakukan melalui Badan Penyelenggara, dengan pola pembayaran prospektif berbasis Case-mix yang bertujuan untuk mendorong peningkatan mutu, layanan berorientasi pasien, dan efisien dengan tidak memberikan reward terhadap provider yang melakukan over treatment, under treatment maupun adverse event. Selain itu terdapat juga Permenkes No 36 Tahun 2015 Tentang Pencegahan Fraud dalam Pelaksanaan Program JKN. Oleh karena itu Rumah Sakit sebagai provider dituntut untuk mampu memberikan layanan yang bermutu, bebas dari potensi fraud namun tetap cost-efficient dan cost-containment. Sungguh tidak mudah untuk dilakukan, terlebih jika tenaga medis terbiasa dengan budaya dan pola Fee For Service. Perlu adanya upaya yang sungguh-sungguh untuk dapat mewujudkan pelayanan prima secara cost-efficient.
Kurikulum yang kami susun untuk kegiatan pembelajaran Manajemen Casemix berdasarkan refferensi jelas dan best practice kegiatan dilapangan. Kegiatan ini dapat kami berikan dalam bentuk pelatihan atau pendampingan dan bimbingan teknis kepada Fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjut. Kegiatan untuk Bimbingan Teknis dan Pendampingan terkait manajemen casemix antara lain :
- Telusur lapanan terkait alur, prosedur dan administrasi klaim untuk menemukan permasalahan dan memberikan rekomendasi perbaikan
- Pengambilan dan penyajian data internal guna keperluan Utilization Review untuk menilai kinerja RS dan potensi permasalahan dalam pemberian layanan dan memberikan rekomendasi untuk solusi
- Koding Klinis ; membantu staf terkait dalam hal diskusi/pelatihan khusus tentang koding diagnosis maupun prosedur medis sesuai kaidah ICD-10, ICD-9-CM, maupun Regulasi terkait INA CBGs
- Clinical Documentation Improvement ; memberikan pemahaman kepada dokter tentang Standar Dokumentasi Klinis yang diperlukan dalam rangka mendukung proses koding klinis dan pengajuan klaim.
- Utilization Review ; membantu manajemen dalam melakukan UR dan Analisis Data berbasis data Case-mix ataupun data SIM RS, dan merancang program optimalisasi klaim dan kendali mutu kendali biaya
- Koordinasi Antar Provider ; memberikan masukan atau pemahaman bagi seluruh staf RS terkait untuk melakukan sinergi pelayanan dalam mendukung pelaksanaan Koding Klinis, UR maupun penyusunan Klaim
- Persiapan Tim Teknologi Informasi ; jika diperlukan untuk memberikan masukan untuk pemanfaatan TI dalam manajemen klaim maupun UR.
- Manajemen Klaim ; melakukan telusur, revisi dan pengajuan kembali klaim pending/dispute guna memperoleh pembayaran
- Konsultasi selama dan setelah kegiatan pendampingan secara online